MTs. NEGERI 1 JAKARTA PEDULI ( KEBAKARAN PENJARINGAN )
Melatih siswa untuk peduli sosial dapat dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari kegiatan di dalam kelas hingga kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu cara paling efektif adalah dengan melibatkan siswa dalam kegiatan sosial yang nyata, seperti kegiatan amal, gotong royong, atau kegiatan sukarela lainnya. Selain itu, guru juga dapat menumbuhkan empati dan kepedulian siswa melalui pembelajaran yang melibatkan kisah nyata atau diskusi tentang isu-isu sosial.
Cara Melatih Siswa untuk Peduli Sosial:
-
1. Kegiatan Sosial:
- Berbagi: Melibatkan siswa dalam kegiatan berbagi makanan, pakaian, atau barang-barang bekas kepada mereka yang membutuhkan.
- Gotong Royong: Mengadakan kegiatan gotong royong di lingkungan sekolah atau sekitar rumah, seperti bersih-bersih lingkungan atau membantu warga yang membutuhkan.
- Aksi Kemanusiaan: Mengorganisir kegiatan sukarela, seperti kegiatan donor darah, atau membantu korban bencana.
- Kegiatan Amal: Melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu korban bencana, rumah sakit, atau lembaga sosial lainnya.
-
2. Pembelajaran di Kelas:
- Membaca dan Diskusi: Menggunakan kisah nyata atau isu-isu sosial dalam pembelajaran, seperti membaca buku tentang kehidupan orang-orang yang kurang beruntung dan mendiskusikan bagaimana mereka bisa membantu.
- Role Playing: Melakukan role playing atau simulasi untuk menumbuhkan rasa empati terhadap situasi yang dialami orang lain.
- Keterampilan Komunikasi: Mengajarkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik, mendengarkan dengan saksama, dan menunjukkan perhatian terhadap orang lain.
-
3. Ekstrakurikuler:
- Club Sosial: Membentuk club sosial atau kegiatan ekstrakurikuler yang fokus pada kegiatan sosial dan kepedulian.
- Pendidikan Karakter: Menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian integral dari kurikulum, dengan menumbuhkan nilai-nilai seperti empati, tanggung jawab sosial, dan saling tolong menolong.
- Club Sosial: Membentuk club sosial atau kegiatan ekstrakurikuler yang fokus pada kegiatan sosial dan kepedulian.
-
4. Peran Guru:
- Menjadi Teladan: Guru berperan sebagai teladan dalam menunjukkan sikap peduli sosial.
- Mengapresiasi: Memberikan apresiasi dan semangat kepada siswa yang menunjukkan sikap peduli.
- Menciptakan Lingkungan yang Aman: Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan aman, di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi dan menunjukkan kepedulian.
Manfaat Melatih Kepedulian Sosial:
-
Membangun Karakter yang Baik:Menumbuhkan karakter yang peduli, bertanggung jawab, dan empati.
-
Mengurangi Masalah Sosial:Menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama dapat membantu mengurangi masalah sosial, seperti kekerasan atau diskriminasi.
-
Meningkatkan Keterampilan Sosial:Melatih kepedulian sosial dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, seperti kemampuan berkomunikasi, mendengarkan, dan berempati.
-
Membangun Lingkungan yang Harmonis:Kepedulian sosial dapat menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan kondusif. (AI)Dalam hal penjelasan tersebut di atas, civitas MTs. Negeri 1 merasa berkewajiban untuk membantu sesama yang tekena musibah kebakaran di wilayah Penjaringan dengan memberikan bantuan yang dikumpulkan dari civitas akademika MTs. Negeri 1 Jakarta siswa kelas 7 dan 8 serta GTK.Alhamdulillah terkumpul dana tunai sebesar Rp. 1.400.000,- dan diserahkan melalui Penmad Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta
Tulisan Lainnya
PESERTA DIDIK MTSN 1 JAKARTA MENGIKUTI LOMBA FESTIVAL PANEN BUKU TAHUN 2025
Kegiatan festival panen buku merupakan ajang menulis buku dengan tema: “10.000 Buku Karya Pemustaka Pelajar Jakarta untuk Indonesia”, yang diperuntukan bagi seluruh pe
MENYAMBUT RAMADHAN 1446, MTSN1 MENGADAKAN KIRAB
Mampang Jaksel - MTsN 1 Jakarta. Dalam menyambut bulan suci ramadhan 1445 Hijriyah / 2024 Masehi, Keluarga besar MTsN 1 Jakarta Menggelar kirab Ramadhan, Kamis (07/03/24). Peserta kira

